iklan

UNIK DAN BERMANFAAT...!!! Manfaat Kesehatan yang akan kita peroleh jika memiliki Aquascape dirumah.

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Siapa Bilang memelihara ikan di rumah tidak ada Mangfaat nya...?



Rumah menjadi tempat yang paling nyaman bagi setiap penghuninya, namun meski begitu rumah tentu saja wajib untuk dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Selain kebersihan menambah beberapa perabot rumah yang tidak hanya mempercantik dan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mungkin menjadi pilihan yang pas. Seperti memelihara ikan di akuarium di dalam rumah.

Mungkin sangat terdengar aneh jika menyebut akuarium bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan penghuni rumah. Namun, hasil penelitian terbaru mengungkap jika ternyata memiliki akuarium unik di dalam rumah bisa memberikan manfaat yang menyehatkan bagi para penghuni rumah. Apa saja manfaat akuarium di dalam rumah? Berikut ulasannya.

Bermanfaat untuk Menyehatkan Jantung

Kesehatan jantung yang menjadi salah satu hal wajib untuk dijaga oleh semua orang ternyata bisa dapatkan dengan melihat ikan-ikan lucu yang ada di dalam akuarium. Menurut pakar kesehatan, melihat pemandangan indah di dalam akuarium menjadi terapi yang sangat bermanfaat bagi jantung. Pasalnya saat melihat ikan di dalam akuarium seseorang akan merasa tenang, rileks, tekanan darah menjadi normal dan otot-otot jantung menjadi lemas. Hal tersebutlah yang sangat membantu untuk mengurangi tekanan jantung sehingga bisa membuat jantung jadi kuat dan sehat.

Bermanfaat untuk Mengurangi Stres

Seperti yang saya sebutkan di atas, melihat indahnya pemandangan dalam akuarium bisa membuat seseorang jadi tenang, rileks dan bahkan meningkatkan suasana hati. Hal tersebut pun tentunya menjadi obat alami yang baik untuk mengatasi stres yang dapat menurunkan tingkat kecemasan.

Bermanfaat sebagai Terapi untuk Beberapa Jenis Penyakit

Melihat akuarium mungkin tidak memberikan efek seperti obat, namun akuarium di dalam rumah memiliki manfaat yang sangat baik sebagai terapi. Bahkan, menurut penelitian melihat pemandangan di dalam akuarim sangat efektif sebagai sebuah terapi untuk beberapa jenis penyakit hingga gangguan mental pada anak. Seperti penderita Alzheimer, anak-anak hiperaktif hingga penderita autis. Pasalnya, keindahan di dalam akuarium dapat mengontrol dan meredakan ledakan emosi yang berlebihan.


Ikan hias, bagi kamu yang memilki ikan hias di rumah, maka saya berani katakan bahwa nada beruntung. Kenapa? selain sebagai hiasan, memelihara ikan hias di rumah bermanfaat sekali bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa melihat ikan hias di akuarium dapat menenangkan pikiran dna menghilangkan stress (stresskiller).

Para ilmuan menyebutnya dengan terapi akuarium, disebutkan bahwa melihat ikan dalam akuarium selain membantu dalam hal menenangkan emosional ternyata juga bermanfaat untuk membantu menstabilkan kondisi kejiwaan seseorang.

Siapa sangka melakukan hal sederhana ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ulasannya.

1. MENGURANGI RASA STRESS


Mungkin diantara kita ada yang pernah melihat ikan hias berada di ruang tunggu rumah sakit. Mereka melakukan hal tersebt bukan tanpa alasan loo. Melainkan ada rhasia dibalik mereka meletakkan ikan hias tersebut.

Menururt penelitian terkini, para ilmuan menyimpulkan bahwa melihat ikan hias dalam akuarium terbukti dapat mengurangi tingkat emosi, ketegangan dan kecemasan seseorang, hal ini berdampak pada otak kita sehingga membuat kita semakin santai dan relax setelah menontonya.

Jadi sekarang sudah tau ya? Kenapa di ruang tunggu rumah sakit ada ikan hiasnya.

2. MENSTABILKAN DETAK JANTUNG

Selain menghilangkan rasa stress, menonton ikan dalam akuarium juga bermanfaat untuk menormalkan tekanana darah seseorang.

Sehingga dengan begini denyut nadi seseorang akan melambat sampai pada tingkatan normal dan melemaskan ketegangan di otot-otot seseorang setelah bekerja keras. Penurunan detak jantung akan mengurangi kinerja jantung sehingga jantung akan kuat yang berimbas pada usia seseorang.

3. MENTERAPI PASIEN ALZHEIMAR

Dalam penelitian terkini menyebutkan bahwa dengan membiasakan diri untuk melihat ikan yang berwarna-warni di akuarium dapat memperbaiki tingkahlaku dan psikis pasien Alzheimar. Dalam banyak kasus banyak kita temukan pasien Alzheimar sulit dikendalikan karena agresif dan sangat merepotkan.

Alzhaeimar adalah sebuah penyakit jenis demensia yang ditandai dengan melemahnya fungsi otak, baik itu berupa pelemahan daya ingat, verbal maupun penalaran.

4. MEMBANTU ANAK-ANAK AUTISTIK

Kita ketahui bersama anak autis biasanya memiliki tingkat emosi yang tinggi dengan membiasakan diri melihat dan berkunjung ke wisata akuarium yang berisi ikan yang berwarna-warni dengan gerakan berenangnya yang indah akan membantu menenangkan emosi mereka.

5. TERAPI UNTUK ANAK ADHD


Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah anak yang memiliki masalah dan kesulitan untuk fokus, di Indonesia penderita ini sering kita sebut dengan Hiperaktif.

Berdasarkan penelitian terkini ikan dalam akuarium dapat membantu mereka untuk berfikir lebih fokus dan solusi bagi anak yang berkebutuhan khusus

Para ilmuan menjelaskan bahwa dengan melihat ikan yang berwarna-warni akan menenangkan saraf-saraf otak, sehingga dapat membantu mereka yang mengalami kesulitan fokus untuk tenang dalam berfikir dan meningkatkan konsentrasi mereka.

6. MEMBUAT SUASANA HATI MENJADI TENANG


Bagi kamu yang penak setelah seharian bekerja bisa lakukan hal ini di rumah. Dengan melihat ikan hias setelah pulang beraktivitas akan memperbaiki mood dan suasana hati, dimana sifat air yang  sejuk dan menenangkan membuat kamu akan terbuai dengan keindahan gremicik air di akuarium, belum lagi ikan yang berwarna-warni menari dengan indahnya membuat penak kita dikit-demisedikit terurai.




7. MENGISPIRASI


Setelah suasana hati tenang maka kita pun semangat lagi untuk melakukan hal-hal positif. Nah, disinilah manfaat ketenangan hati dengan begini pikiran kita jadi relax dan enjoy, hal ini membantu kita untuk menemukan inspirasi-inspirasi baru yang mungkin sulit kita temukan saat pikiran kita penak setelah seharian bekerja.

8. MENYALURKAN HOBI SEKALIGUS MENUAI KEUNTUNGAN

Banyak kita dengar kisah orang-orang yang sukses di luar sana dimana awal mula kesuksesan mereka dimulai dari sebuah hobi, mungkin kebanyakan kita akan menyepelekan petuah mereka lantaran Uang mereka miliki. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba berfikir logis, ketika penghobi sudah mencintai hobinya tentunya ia akan banyak tau akan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan hobinya.

Nah, saat-saat tertentu masalah ini sulit ditemukan solusinya, maka jika penghobi cerdik, maka ia bisa memanfaatkan masalah yang ada menjadikan peluang yang akan menghasilkan receh rupiah.

9. MEMPERINDAH RUMAH



Konsep go green yang sedang digecarkan oleh pemerintah membuat para pengembang properti perumahan berfikir aktif untuk mendukung pemerintah dengan cara membuat desain-desain yang alami dan nuansa kampung, seperti kolam ikan, rumput sampai pepohonan.

Dan ini sudah banyak kita temukan di kota-kota besar. Tidak hanya diluar rumah akuarium didalam rumahpun memeiliki fungsi yang sama, yaitu memperindah ruangan.

10. MEMBANTU MELESTARIKAN FAUNA DI ALAM

Dimana kita ketahui bersama, diluarsana sedang marak dengan eksploitasi ikan dan laut secara berlebihan oleh pihak-ihak yang tidak bertanggung jawab, dengan kita memelihara ikan hias di rumah dapat menekan kelangkaan ikan hias yang ada di alam bebas.

11. MENINGKATKAN KEHORMATAN SESEORANG

Kita ketahui bersama bahwa ada beberapa ikan hias yang memiliki harga yang fantastis. Dengan memiliki ikan hias tersebut tidak perlu ditanya soal isi dompetnya, karena kita akan terperanjat jika mendengar harga ikan yang dimilikinya. Kita ambil salah satu contoh saja ikan dengan harga yang fenomenal, yaitu Ikan Arwana yang terkenal seantero dunia.

12. SEBAGAI INVESTASI

Jika kita membeli bibit ikan Arwana di toko tentulah harganya tidak semahal ikan Arwana yang sudah besar. Nah, disini bisa kita lihat betapa luarbiasa margin keuntungan yang dapat kita peroleh ketika kita menjadikan hobi ini sebagai bisnis.

Demikianlah alasan dan manfaat memelihara ikan hias di rumah. di Indonesia sendiri kaya akan jenis ikan hias baik itu ikan hias jenis air tawar maupun ikan hias air laut.



Namun, karena keterbatasan pengetahuan dan teknologi, masyarakat Indonesia umumnya membudidayakan ikan hias jenis air tawar baik untuk kepentingan kesenangan dan hoby maupun untuk kepentingan komersil atau bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.
 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90